jump to navigation

ADIK TERNYATA BISA JADI SAHABAT 2 March 2009

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment

lintangKarya : Lintang Larisya (3A)

Adik bisa jadi sahabat? Bagaimana bisa?…. Jadi adik itu dekat sekali dengan kita, tidur bersama, main bersama, ketawa bersama seperti sahabat sejati. Kita mungkin pernah bertengkar tapi itu sebagai salah satu tanda dekat kita. Adik adalah lebih dari sahabat sejati. Seperti halnya yang akan saya ceritakan cerikut ini. Ada gadis yang bernama Melindisya, ia benci dengan adik. Ia tidak suka jika ibunya hamil, ia tidak ingin bertemu dengan adik sepupu. Pada saat sekolah Tensin dan Merin sahabat baiknya berbicara pada Melindisya, “Kenapa kamu tidak ingin punya adik?” kata Tensin. “Iya betul kenapa kamu tidak ingin didekati adik-adik kita?”tambah Merin. “Aku tidak ingin mengalah dan aku ingin dimanjakan” jawabMelindisya. “Haaaaa…..” jawab Merin dan Tensin bersamaan. “Eh… aku udah dijemput nih” kata Tensin, “eh … aku juga nih Mel, aku duluan ya…daaa…”. “Iya, daaa…juga. Aduh aku sendirian nih”. Tidak lama kemudian Papa datang dengan tergesa-gesa. “Ada apa pa…?” Tanya Melindisya. “Itu…itu….” Papa tidak bias bicara dengan lancer lalu Melindisya menenangkan dengan merayu Papa agar meberi tau ada apa sebenarnya. Melindisya memebri minum pada papa dan papa pun sadar kembali.. Papa menjelaskan dengan berhati-hati.Mama muntah-muntah kepala sedikit pusing. Papa membawa ke rumah sakit, mama disuruh menginap 1 minggu di rumah sakit. “Kata dokter mama sakit gejala apa…..?” kata Melindisya, diapun pingsan. Setelah dibawa pulang dan dibaringkan ketempat tidurnya papa bersiap-siap untuk membawakan mama baju. Tidak lama kemudian Melindisya terbangun. Papa melihat Melindisya terbangun. “Nah…sekarang kamu sudah bangun kan, ayo nengok mama ganti baju sana….”perintah papa. “Ok…pa…” . Melindisya berganti baju dan….siap berangkat. Melindisya dan papa berangkat menengok mama. Setelah sampai di rumah sakit “Keluarga Sehat” papa mengajak Melindisya ke kamar 105. Setelah samapi kamar 105 kebetulan dokter ternyata ada di kamar 105 itu. “Mama sedang istirahat, jangan diganggu ya…” kata doter. “Iya…” jawab Melindisya. Papa diajak bicara dokter. Aku sendirian enggak seru ah…mendingan aku ikut papa, dengan dima-diam Melindisya mengikuti papa. Dokter bicara dengan papa Melindisya. Dokter berkata ternyata Ibu Nisabil hamil. “Ha…” kata Melindisya. Ibu Nisabil stress jadi sakitnya bertambah. Melindisya lari ke kamar 105 dan menangis. Setelah papa selesai bicara, papa melihat Melindisya menangis. “Lho kenapa kamu menangis?” Tanya papa. “Papa jujur deh apa yang papa bicarakan dengan dokter”. “Ooo…soal itu, papa bicara soal tagihan mama ini. “Bohong mama hamilkan?”. “Kamu tau dari mana?”. “Aku tahu dari papa dan dokter”. “Jadi kamu nguping”. “Maaf pa…tapi…”. “Sudah jangan bicara lagi papa maafin kamu”. Papa pun keluar dari kamar itu. “Papa mau kemana ?”. “Hmmm…papa ingin mencari udara dulu ya…”. “Kamu nungguin mama ya…”. “Iya pa…”. Beberapa menit kemudian mama terbangun . “Ha….Melindisya maafin maafin mama nak. Aku sudah tahu semuanya, jadi kamu mau punya adik”. “ENGGAK….” Jawab Melindisya. 9 bulan kemudian.Setelah Melindisya pulang sekolah, Melindisya langsung dijemput. “Ada apa pa…? kok buru-buru amat?”. “Mama melahirkan”. “Oe iya eh…Ten, Mer aku pulang duluan ya dada….”. Setelah pulang sekolah Melindisya ganti baju dan langsung pergi ke rumah sakit “Keluarga Sehat”. “Selamat anda mempunyai anak perempuan” kata salah satu suster. “Ooo…terima kasih ya….”. Terdengar bayi menangis, ooo itu ternyata adiknya Melindisya. Segera papa dan Melindisya pergi ke kamar nomor 125 khusus orang hamil. 4 tahun kemudian. Melindisya bermain dengan adik dan tertawa gembira. Melindisya tersadar ingin mempunyai adik lagi yang laki-laki, mereka tersenyum bersama.

PEMANASAN GLOBAL 16 February 2009

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment

Bumi kita ini dikelilingi oleh lapisan gas-gas yang disebut atmosfer. Gas-gas yang ada dalam atmosfer tersebut dapat mempengaruhi suhu bumi. Seandainya jumlah gas-gas tersebut meningkat maka suhu bumi juga akan meningkat. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan pemanasan global ( Global Warming ). Di dalam atmosfer terdapat lapisan yang disebut lapisan ozon. Lapisan ozon adalah lapisan gas yang berfungsi untuk menyaring sinar matahari yang membahayakan bagi kehidupan di muka bumi. Sinar matahari yang berbahaya bagi bumi ini disebut sinar ultraviolet. Dapatkah kita membayangkan apa yang akan terjadi seandainya tidak ada atmosfer yang menyelimuti permukaan bumi? Tentunya kehidupan di bumi pasti akan terancam. Manusia akan terkena radiasi dari sinar ultraviolet tersebut yang bisa menyebabkan kanker kulit dan berbagai jenis penyakit yang lain.
Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan mengadakan penelitian dan menyatakan bahwa beberapa bagian lapisan ozon telah rusak. Di beberapa tempat, bahkan ada yang berlubang. Para ilmuwan percaya bahwa gas-gas buatan manusialah yang menyebabkan kerusakan ini. Gas tersebut adalah CFC ( Cloro Fluoro Carbon ). Gas CFC ini banyak ditemukan pada hair spray dan sistem pendingin lemari es. Selain gas CFC, gas-gas yang dapat menyebabkan kerusakan ozon adalah gas CO2 , gas metana, dan gas Dinitrogen. Gas-gas ini banyak ditemukan pada asap kendaraan bermotor, tempat pembuangan sampah, asap pabrik serta pada kegiatan pembakaran yang dilakukan manusia dengan menggunakan bahan bakar minyak, batu bara, dan kayu. Salah satu kegiatan manusia yang tidak disadari dapat mendorong terjadinya global warming adalah penggundulan hutan. Banyak hutan yang ditebang untuk pembukaan lahan dan memasok kebutuhan kayu bakar, sedangkan kita tahu bahwa keberadaan hutan sangat penting sekali dalam proses pelestarian lingkungan. Karena hutan dapat menyerap karbon dioksida, penyimpan cadangan air tanah, menahan longsor dan banjir. Karena itu hutan disebut sebagai paru-paru dunia.
Pemanasan global akan menyebabkan bumi kita terancam, karena pemanasan global dapat mengubah cuaca dn iklim dunia. Cuaca menjelaskan beberapa hal, misalnya apakah hari ini hujan, cerah atau bersalju. Dengan kondisi cuaca yang selalu berubah-ubah maka akan mengganggu aktivitas manusia. Selain perubahan cuaca perubahan iklim juga akan berpengaruh terhadap keseimbangan habitat hewan dan tumbuhan. Daerah tropis yang bersuhu panas, dataran kutub yang sangat dingin dan daerah yang beriklim sedang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin akan berubah suhunya karena adanya pemanasan global. Jika terlalu panas tumbuhan dapat mati dan hewan harus pindah ke tempat dimana tumbuhan dapat bertahan hidup. Akibat lain yang ditimbulkan dari peningkatan suhu bumi yaitu mencairnya tudung es di daerah kutub. Tudung es kutub dapat menipis dengan sangat cepat. Hal ini akan menyebabkan naiknya permukaan laut sedangkan naiknya permukaan laut akan berakibat banjir. Hewan-hewan kutub seperti penguin dan beruang kutub akan kehilangan habitatnya. Bahkan akan terjadi kepunahan. Selain itu karena pola cuaca bumi yang berubah, semakin seringnya badai akan merusak garis pantai dan karang. Karang yang rapuh berubah menjadi putih bila suhu laut di sekitarnya terlalu tinggi. Lalu karang akan mati. Bukankah terumbu karang penting bagi kehidupan laut dan manusia? Terumbu karang adalah ekosistem yang yang tidak ternilai harganya karena menyediakan habitat untuk tempat hidup dan berkembang biaknya ikan, serta melindungi daerah pesisir dari gelombang badai. Selain ikan, masih banyak lagi hewan-hewan akan kehilangan ekosistemnya. Penyu laut kembali ke pantai yang sama untuk bertelur setiap tahunnya, tidak akan dapat menemukan tempat yang sesuai untuk bertelur jika pantai-pantai tempatnya bertelur hilang karena banjir dan gelombang badai.
Dengan melihat bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan oleh pemanasan global tersebut, marilah kita menjaga dan melestarikan bumi ini. Bagaimanakah caranya??. Banyak sekali hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mengurangi laju peningkatan suhu bumi misalnya, menanam pohon atau tanaman di sekitar lingkungan, menekan emisi CO2 dengan penghematan dalam penggunaan bahan bakar, hemat energi seperti mematikan mampu atau alat-alat listrik yang tidak perlu, mendaur ulang sampah, memanfaatkan energi ramah lingkungan misalnya, kincir angin, panel surya, menggunakan sepeda untuk perjalanan jarak dekat. Selain dapat mencegah pemanasan global dengan bersepeda juga dapat menjaga kesehatan lho!!! Mari bersama-sama kita ciptakan bumi yang sehat demi kelangsungan masa depan anak cucu kita. (Tim Science)

KEMBANG MELATI KHAS SEKOLAH JASMINE 20 January 2009

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment

Karya : Atika Qotrhunnada Berliana Putri

 Disuatu tempat ada sekolah. Sekolah itu dinamakan Jasmine Fresh. Karena disitu terdapat banyak macam melati. Ada melati putih, melati merah dan lain-lain. Pada saat itu diadakan festival bunga terindah. Terutama Jasmine, dia juga ikut festival memang namanya seperti melati yang ada di sekolah Jasmine Fresh. Tapi dirumahnya paling banyak melati padahal ustadzah bilang harus bunga lain selain melati. Akhirnya Jasmine bilang ke ibunya”Bu besuk Jasmine ada festival bunga bu…tapi selain melati !”. “Lho kenapa?” tanya ibu. “Iya bu, karena terlalu banyak bunga melati di sekolah Jasmine bu” jawab Jasmine. Lalu ibu bilang ” Ya sudah kamu minta bunga seperti apa tah nak?”. Lalu Jasmine bilang “Nggak tahu bu… Tapi bu gimana kalau besuk kita pergi ke toko bunga?”. “Yaudah deh ibu turuti. Tapi Jasmine memang berapa hari lagi?”. “Ya dua hari lagi toh bu” jawab jasmine. “oh…begitu toh”. Lalu paginya Jasmine bangun dan ibu sudah menyiapkan sarapan pagi untuk ayah, ibu sendiri dan Jasmine. Pada selesai makan Jasmine dan ibunya pergi ke toko bunga terdekat yaitu bernama “Toko Bunga Khas Wong Jowo”. Lalu dilihat wow! ternyata bagus-bagus. Lalu Jasmine melihat ada satu bunga anggrek yang bagus lalu Jasmine membelinya seharga Rp. 10.500. Setelah itu Jasmine pulan. Keesokan harinya, sudah festival Jasmine menjelaskan dan memperlihatkan punya Jasmine terlihat sangat sederhana karena yang lain diberi hiasan sedangkan Jasmine tidak. Tapi syukur Alhamdulillah Jasmine jadi juara 1. Tapi ada teman Jasmine yang iri bernama Ro sebenarnya Rosella. Jadi Ro lalu dia balas dendam. Jika Jasmine masuk kelas Jasmine jatuh setelah melakukan percobaan Ro sendiri yang terpelaset dan dibawa ke ruang UKS.

mickey1

AYAH DAN IBU 1 December 2008

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment

Karya : AFIYATIN NUR IZZAH izzah

 

Oh Ayah dan Ibu, aku berterima kasih

karena aku sudah dibimbing

aku juga berterima kasih, karena engkau aku jadi pandai

Selama ini kau memberi asi kepadaku

dari kecil hingga dewasa

Ayah dan Ibu …..

Engkau bagaikan bintang yan menemaniku selamanya

Dan engkau bagaikan matahari yang menyinariku selamanya bagiku

Aku ingin engkau selalu disisiku

ayah dan Ibu …..

Aku tidak ingin berpisah dengan engkau

Karena aku sayang dan mencintaimu

PUTERI DAN GUBUK JELEK 27 November 2008

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment

 nadya1

 Karya : Atika Qotrunnada Berliana Putri

 

Pada suatu hari terdapat hutan yang jelek dan lebat. Disitu terdapat sebuah rumah kecil atau gubuk. Gubuk kecil itu ternyata ditinggali seorang anak yan bernama Anabella. Dia tinggal bersama Ibu, Ayah dan keluarganya. saat itu Anabella pergi ke pasar. Dia memebeli kebutuhan bahan pokok. saat itu dia bertemu dengan seorang putri yang sangat cantik. Dia melihat putri itu sedang berlarian. Namun sat putri jatuh dan berhenti Anabella bertanya. “Namamu siapa yang mulia oh…?”. “Namaku princess oh…!” Begitu yang mulia. “Tapi kenapa yang mulia kejar-kejaran ? “. “Iya nih…. Aku habis kabur dari istana”. “Ya udah kalau gitu nginap dirumahku aja yuk !!!”. “Ya udah deh emang rumahmu itu !!! ahh…! Aku akan tahan asalkan banyak orang ok !.

Akhirnya putri tinggal di gubuk itu. Saat itu uang mereka habis, adik Anabella yang kecil sakit lalu adik itu meninggal lalu putri merasa mengganggu disini padahal rumah ini enak untuk bersembunyi. Lalu putri kabur lewat jendela belakang. Akhirnya putri jadi pengemis.

Sebuah Pembuka 24 November 2008

Posted by sdbastuban in Uncategorized.
add a comment
Bismillah selalu terucap setiap hentakan jari untuk merangkai kata dalam sebuah makna.
Ini pertama kali kami berkreasi dalam media cyber yang maha luas dan tanpa batas. Semua sebuah semangat terlecut untuk menghadirkan berbagai apresiasi dari para punggawa-punggawa dan pejuang ilmu, semoga Alloh meridhoi.
Semua diawali dari sebuah keinginan untuk mengenalkan eksistensi dari sebuah lembaga pendidikan yang ada di sebuah kota di pesisir pantai utara, TUBAN. Sebuah lembaga yang mempunyai semangat untuk menciptakan manusia-manusia masa depan yang tetap mengenal dan dekat dengan TUHANNYA dalam kesuksesan yang sebenarnya. Lembaga bernama “SD BINA ANAK SHOLEH TUBAN”
Lembaga pendidikan yang berbasis Islam yang tetap mengedepankan fitroh manusia dan selalu suci dalam keberagaman warna kehidupan yang selalu cepat dalam perputarannya.
SD Bina Anak Sholeh mempunyai visi “Mencipatakan Manusia yang Beraqidah Mantap, Berakhlaqul Karimah dan Berprestasi Akademik yang Optimal”, serta mempunyai misi “Menjadikan lembaga ini sebagai media dakwah yang berbasis pada pendidikan dan menjadi lembaga pendidikan yang unggul”
Inilah pembuka dari sebuah “Awal” yang akan berkelanjutan dengan berbagai ulasan-ulasan dari semua elemen yang mendukung adanya kesuksesan dalam pendidikan guna menciptakan manusia Indonesia yang seutuhnya.
Alhamdulillah……..
Salam…..
AiraKheisa n Crew
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.